السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Share

Cara Mudah Unroot Smartphone Android Tanpa PC - Bagi pengguna Android seperti saya, root merupakan hal yang sangat menguntungkan. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika sistem Android sudah di-root seperti mendapatkan hak akses lebih dan performa yang lebih baik. Tapi, untuk sebagian orang, root merupakan hal yang rumit. Belum lagi perangkat yang di-root akan membahayakan keamanan smartphone atau tablet kalian, dan juga kalian akan kehilangan garansi. Situasi ini pasti sangat merugikan sekali.


Apa kalian punya smartphone atau tablet yang sudah di-root dan ingin perangkat kalian kembali seperti semula? Ada banyak tutorial untuk root Android di luar sana. Tapi, tidak banyak cara untuk melakukan unroot Android. Nah disini kita akan membahas cara unroot Android dengan aman.

Cara Unroot Smartphone Android Tanpa PC

1. Cara Unroot Android Menggunakan SuperSU


SuperSU adalah aplikasi yang populer untuk me-menage perangkat yang suda di-root, dan saya pun menggunakan supersu. Ada banyak fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, termasuk unroot Android.

Caranya sangat simple, buka aplikasi SuperSU, lalu pilih Setting. Scroll ke bawah dan pilih Full Unroot. Ikuti prosedurnya dan smartphone atau tablet kamu akan restart sendiri. Dengan begitu perangkat kamu sudah kembali normal.

2. Cara Unroot Android dengan Aman Menggunakan Aplikasi Lain

Pernah menggunakan SuperSu sebagai alat unroot Android tapi gagal? Tenang, masih ada aplikasi lain yang bisa membantu. Tapi sayangnya aplikasi ini tidak bekerja di semua perangkat Android. Pilihan yang paling populer adalah Universal Unroot.


Aplikasi unroot HP tersebut bisa menyingkirkan hak akses root di smartphone atau tablet kamu. Tapi, aplikasi ini masih banyak kekurangan seperti yang dijelaskan tadi. Contohnya, aplikasi ini tidak bekerja pada perangkat Samsung akibat kompilasi dengan KNOX. Pada LG, perangkat akan di-unroot tapi statusnya masih rooted, berkat adanya LG's eFuse. Sayangnya aplikasi ini berbayar sekitar 13 ribu rupiah.

3. Cara Unroot Android Menggunakan File Manager


Salah satu cara lainnya adalah menggunakan file manager. Kali ini kita akan menggunakan ES File Explorer (dengan mengaktifkan akses root di pengaturan). Caranya :

  1. Akses Main Drive pada perangkat, lalu cari system. Pilih, lalu pilih bin. Dari situ, hapus busybox dan su. Kalau kamu ngga ketemu, pindah ke step berikutnya.
  2. Kembali ke sistem folder dan pilih xbin. Kalau filenya di sana, hapuslah busybox dan su.
  3. Kembali ke sistem folder lalu pilih app.
  4. Hapus superuser.apk.
  5. Restart perangkat kamu.

4. Cara Unroot Android dengan Install OTA Update


Nah, kalau kamu meng-install _update via_ OTA (Over The Air), maka akses root akan hilang. Jika kamu ingin smartphone kamu tetap di-root, maka kamu harus melakukan root lagi. Kalau tidak, kamu tinggal membiarkannya saja. Kelemahannya tentu saja kamu harus menunggu kapan update tiba. Jangan lupa untuk uninstall SuperSU atau aplikasi lain yang berhubungan dengan root.

5. Cara Unroot Android dengan Install Stock Firmware


Mengembalikan firmware asli perangkat adalah cara yang paling ampuh untuk melakukan unroot. Cara ini berkerja dengan baik karena firmware punya semua software yang dibutuhkan. Tapi, sayangnya pada artikel ini tidak ada tutorial secara khusus, karena setiap smartphone punya cara yang berbeda untuk meng-install firmware. Jadi, kamu cuma perlu sedikit googling aja.

Nah, sekarang kamu sudah tau apa-apa saja yang diperlukan untuk melakukan unroot smartphone Android atau tablet kamu kan? Jadi smartphone atau tablet kamu bisa terhidar dari bahaya root. Kamu sudah mencoba salah satu cara di atas. semoga bermanfaat.

Lihat juga artikel menarik lainnya :

 

NEW UPDATE

NEW TUTORIAL

NEW DOWNLOAD

NEW ARTIKEL